Info Sekolah
Thursday, 26 May 2022
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

7 Tips Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan

Diterbitkan : - Kategori : Ramadhan

Tips Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan.

Tips Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan. Semua Muslim di seluruh dunia berpuasa selama hampir 30 hari selama Ramadhan. Menjaga kesehatan yang baik penting untuk puasa secara teratur. Selama berpuasa tubuh membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk menjaga sistem kekebalan dan fungsi tubuh tetap terjaga. Pasalnya umat Islam harus menghadapi berbagai emosi selama berpuasa termasuk lapar dan haus.

Tips Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan. Sementara selama Ramadhan jadwal makan dan tidur akan menjadi lebih sehat. Itulah mengapa menjaga pola makan seimbang adalah salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan saat berpuasa. Seperti yang dikutip dari Emirates Woman, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tubuh tetap sehat untuk terus berpuasa.

1. Jangan melewatkan waktu makan.

Terutama jangan lewatkan makan sahur. Makan karbohidrat secara perlahan saat bangun tidur dapat membuat Anda tetap sehat dan memberikan energi sepanjang hari. Jika Anda tidak terlalu lapar di pagi hari atau dini hari Anda bisa mengganti segelas susu dengan kacang dan kurma. Jangan lupa juga untuk minum air putih minimal 2-3 gelas sebelum puasa.

2. Makan perlahan saat berbuka.

Tip lain untuk tetap sehat adalah makan perlahan saat berbuka puasa. Kondisi dengan perut kosong Anda akan terkejut betapa cepatnya Anda makan. Misalnya Anda bisa makan kurma, alpukat atau buah lainnya sebelum makan makanan berat.

3. Suplementasi vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks (seperti neurobion) selama puasa penting untuk menjaga tingkat energi dan sangat baik untuk kesehatan.

4. Hindari makanan manis, pedas dan gorengan.

Puasa seringkali meningkatkan asam lambung yang dapat menyebabkan mulas dan kembung. Manfaat kesehatan dapat dicegah dengan makan makanan yang kaya nutrisi. Maka untuk menjaga kesehatan selama puasa sebaiknya hindari makanan yang digoreng, makanan pedas dan makanan tinggi garam dan gula.

5. Hindari minuman berkafein.

Sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, coklat dan minuman berkarbonasi. Kafein menyerap kalsium dari tubuh membuatnya semakin kurang kenyang selama puasa. Hindari minum teh selama sahur karena meningkatkan ekskresi urin. Minuman terbaik adalah air. Atau jika Anda merasa dehidrasi cobalah minum segelas jus lemon dalam air minum Anda.

6. Olahraga ringan.

Aktivitas fisik ringan juga dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran selama berpuasa. Selama puasa tubuh Anda mungkin mengalami dehidrasi dalam bentuk kelaparan dan Anda mungkin menelan lebih banyak dari tubuh Anda. Pastikan untuk minum banyak air saat berpuasa.

7. Hindari merokok.

Menghindari rokok adalah cara bijak untuk menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa. Ramadhan juga merupakan waktu yang tepat untuk berhenti merokok. Dengan cara ini kesehatan tubuh tetap terjaga dan berbagai penyakit akibat merokok dapat dicegah.

7 Tips Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan. Itu tadi beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga agar diri kita tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar